Adakah Bisnis yang Tanpa Modal?

Modal biasanya menjadi salah satu alasan paling kuat (baca hambatan besar) yang menyebabkan sebagian orang enggan terjun ke dunia bisnis. Tidak adanya modal membuat kita tidak bisa berbisnis. Padahal kita tahu bahwa pintu rejeki terbuka amat lebar dari bisnis, bukan dari menjadi pegawai.

Lalu adakah bisnis yang bisa dilakukan tanpa harus mengeluarkan modal? Tidak ada. Semua bisnis pasti membutuhkan modal. Namun perlu ditekankan disini, jika yang dimaksud dengan modal adalah uang, maka sulit bagi orang yang tidak punya uang yang cukup sebagai modal usaha. Akibatnya harus mencari pinjaman dan hutangan kesana-kemari. Apalagi jika uang yang dibutuhkan berjumlah besar.

Kenyataannya banyak orang yang bisa sukses berbisnis dengan modal tanpa uang. Lalu apa modalnya? modalnya adalah skill. Pasti setiap orang mempunyai skill/keahlian di bidang tertentu walau mungkin dibilang sepele.

Gunakanlah keahlian Anda dalam bidang yang Anda tekuni untuk menghasilkan uang. Inilah sebenarnya modal yang paling berharga dalam berbisnis. Disamping modal lain yang tak kalah penting yaitu niat/kemauan dan action/pantang menyerah.

Ada banyak sekali bidang usaha yang bisa ditekuni walau tanpa harus mengeluarkan uang dalam jumlah besar. Seperti dimuat di situs infobisnisfranchise.com ada sejumlah peluang usaha yang bisa ditekuni sebagai bisnis sampingan atau bisnis utama tanpa modal.

Peluang Usaha Tanpa Modal

Menjadi Penulis Lepas

Salah satu bidang usaha yang bisa ditekuni tanpa modal adalah menjadi penulis lepas. Jika Anda punya keahlian menulis dan mengarang, maka ini bisa dijadikan modal untuk membuka jasa penulisan artikel, penulisan makalah, penulisan sales letter, dan sebagainya. Tawarkan dan promosikan jasa penulisan ini melalui forum-forum internet (seperti kaskus, ads.id, dsb), social media (facebook, twitter, google). Keahlian menulis ini akan mendatangkan banyak uang bagi Anda. Apalagi jika tulisan Anda disukai pemesan. Anda akan mempunyai pelanggan tetap.

Menjadi Reseller

Jika belum bisa membuka toko online sendiri, maka jadilah reseller. Yaitu menjual kembali barang milik orang lain. Jenis bisnis ini banyak sekali ditekeni oleh pelaku bisnis online. Kebanyakan sebagian dari orang yang kita temui sebagai pebisnis online, tidak mempunyai barang sendiri, melainkan ‘hanya’ menjual barang milik orang lain. Dari hasil penjualan ini, kita akan mendapatkan komisi. Jadi, tak perlu mengeluarkan modal untuk membeli barang yang akan dijual, cukup cari pedagang yang mau kita ‘bantu’ jualannya.

Bisnis MLM

Nah yang satu ini, termasuk bisnis yang bisa dijalankan tanpa modal. Walau sebagaian orang masih alergi dengan istilah MLM, namun tak ada salahnya mencoba mekenuni bisnis ini. Tentunya harus disertai dengan riset awal dalam memilih bisnis MLM yang bagus. Biasanya bisnis MLM yang bagus tidak hanya mengejar target menarik member, tapi mempunyai produk yang berkualitas.

Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Trackbacks

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: